Jl. Letjen Suprapto No.31

Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361

(0741) 61692

Layanan Panggilan 24 Jam

mattaherrs@gmail.com

Bisnis, Penawaran, dan Kerjasama

Indikator Nasional Mutu (INM) Semester 1 Tahun 2022 RSUD Raden Mattaher Jambi

1. KEPATUHAN KEBERSIHAN TANGAN

Capaian Kepatuhan Kebersihan Tangan SEMESTER 1 pada RSUD Raden Mattaher sudah memenuhi standar yang ditetapkan yaitu ≥85% dengan rata-rata capaian sebesar 94%  . Ini menggambarkan bahwa rata-rata 94% petugas kesehatan pada RSUD Raden Mattaher sudah memahami akan pentingnya kebersihan tangan dan mematuhinya dalam melaksanakan tugas sehari-hari.

2. KEPATUHAN PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI (APD)

Capaian Kepatuhan Penggunaan APD SEMESTER 1 pada RSUD Raden Mattaher belum memenuhi standar  yang ditetapkan yaitu 100% dengan rata-rata capaian 97%. Tetapi terjadi kecenderungan peningkatan pada tiap bulannyaIni menggambarkan bahwa rata-rata 97% petugas kesehatan pada RSUD Raden Mattaher sudah memahami akan pentingnya penggunaan alat pelindung diri (APD) saat melakukan tindakan dan mematuhinya dalam melaksanakan tugas sehari-hari.

3. KEPATUHAN IDENTIFIKASI PASIEN

Capaian Kepatuhan Identifikasi Pasien SEMESTER 1 pada RSUD Raden Mattaher belum memenuhi standar yang ditetapkan yaitu 100% dengan rata-rata capaian 96%. Capaian terendah pada bulan Januari yaitu 93,3dan capaian tertinggi pada bulan Maret dengan capaian mencapai 97,9%. Ini menggambarkan bahwa rata-rata 96% dari petugas kesehatan RSUD Raden Mattaher sudah melakukan/mematuhi identifikasi pasien dalam memberikan pelayanan kesehatan secara benar.

4. KEPATUHAN WAKTU VISITE DOKTER SPESIALIS

Capaian Kepatuhan Waktu Visite Dokter Spesialis SEMESTER 1 pada RSUD Raden Mattaher sudah memenuhi standar yang ditetapkan yaitu ≥80% dengan rata-rata capaian sebesar 85%. Capaian terendah terjadi pada bulan Mei yaitu 84% dan capaian tertinggi pada bulan maret sebesar 94,4%. Ini menggambarkan bahwa rata-rata 85% waktu kunjungan dokter visite untuk melihat perkembangan pasien rawat inap yang menjadi tanggung jawabnya sudah sesuai dengan waktu yang sudah di tetapkan oleh rumah sakit.

5. KEPATUHAN UPAYA PENCEGAHAN RISIKO JATUH

Capaian Kepatuhan Upaya Pencegahan Risiko Jatuh SEMESTER 1 pada RSUD Raden Mattaher belum memenuhi standar yang ditetapkan yaitu 100% dengan rata-rata capaian sebesar 96%. Terjadi kecenderungan peningkatan dengan capaian tertinggi sebesar 98,3pada bulan Mei. Dan capaian terendah terjadi pada bulan Januari sebesar 89,6%.  Ini menggambarkan bahwa dari 100% pasien rawat inap yang berisiko tinggi jatuh sesuai dengan standar yang ditetapkan rumah sakit rata rata sudah ada 96% pasien yang mendapatkan pelaksanaan ketiga upaya pencegahan risiko jatuh yaitu asesment awal risiko jatuh, asesment ulang risiko jatuh dan intervensi pencegahan risiko jatuh.

6. PELAPORAN HASIL KRITIS LABORATORIUM

Capaian Pelaporan Waktu Kritis Laboratorium SEMESTER 1 pada RSUD Raden Mattaher sudah memenuhi standar yang ditetapkan yaitu 100%. Ini menggambarkan bahwa waktu pelaporan semua hasil laboratorium yang termasuk kategori kritis sesuai kebijakan rumah sakit dan memerlukan penatalaksanaan segera, sejak hasil pemeriksaan keluar dan telah dibaca oleh dokter/analis yang diberi kewenangan hingga dilaporkan hasilnya kepada dokter yang meminta pemeriksaan 30 menit.

7. WAKTU TUNGGU RAWAT JALAN

Capaian Kecepatan Waktu Tanggap Komplain Semester 1 pada RSUD Raden Mattaher sudah memenuhi standar 100%. Ini menggambarkan bahwa rentang waktu rumah sakit dalam menanggapi semua keluhan tertulis, lisan atau melalui media massa melalui tahapan identifikasi, penetapan grading resiko, analisis hingga tindak lanjut telah sesuai dengan yang ditentukan.

8. WAKTU TANGGAP OPERASI SEKSIO SESAREA EMERGENCY

Capaian Waktu Tanggap Operasi Seksio Sesarea Emergensi Semester 1 pada RSUD Raden Mattaher rata rata 68,63% dan belum memenuhi standar ≥ 80%. Ini menggambarkan bahwa rata rata 68,63%  pasien yang memenuhi waktu tanggap operasi seksio sesarea emergensi yaitu waktu yang di butuhkan pasien untuk mendapatkan tindakan seksio sesarea emergensi sejak diputuskan operasi sampai dimulainya insisi operasi di kamar operasi 30 menit.

9. PENUNDAAN OPERASI ELEKTIF

Capaian Penundaan Operasi Elektif Semester 1 pada RSUD Raden Mattaher sudah memenuhi standar ≤5%. Ini menggambarkan bahwa dari semua tindakan operasi elektif (waktu pelaksanaan terencana atau dapat dijadwalkan) yang tertunda lebih dari 1 jam dari jadwal operasi yang ditentukan sudah ≤5%.

10. KEPATUHAN PENGGUNAAN FORMULARIUM NASIONAL

Capaian Kepatuhan Penggunaan Formularium Nasional Semester 1 pada RSUD Raden Mattaher sudah memenuhi standar ≥80%  dengan capaian tertinggi pada bulan Maret 98,9%. Ini menggambarkan bahwa ≥80%  peresepan obat (R/ :recipe dalam lembar resep) oleh DPJP kepada pasien sudah sesuai dengan daftar obat di Formularium Nasional dalam penyelenggaraan program nasional.

11. KECEPATAN WAKTU TANGGAP KOMPLAIN

Capaian Kecepatan Waktu Tanggap Komplain Semester 1 pada RSUD Raden Mattaher sudah memenuhi standar 100%. Ini menggambarkan bahwa rentang waktu rumah sakit dalam menanggapi semua keluhan tertulis, lisan atau melalui media massa melalui tahapan identifikasi, penetapan grading resiko, analisis hingga tindak lanjut telah sesuai dengan yang ditentukan.

12. KEPATUHAN TERHADAP CLINICAL PATHWAY

Capaian Kepatuhan Terhadap Clinical Pathway Semester 1 pada RSUD Raden Mattaher belum dapat digambarkan karena belum dilakukan pengumpulan data, hal ini disebabkan oleh belum selesainya proses penyusunan Clinical Pathway sesuai dengan profil indikator nasional  mutu.

13. KEPUASAN PASIEN

Capaian survey kepuasan pasien pada RSUD Raden Mattaher sudah memenuhi target capaian 76,61% yaitu dengan capaian 86,85% (Semester 2 Tahun 2021). Ini menggambarkan bahwa hasil pendapat dan penilaian pasien terhadap kinerja pelayanan yang diberikan oleh RSUD Raden Mattaher dalam kategori baik ( 76,61% – 88,30%).

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.